Aroma Cerutu Menunjukkan Komposisinya

Sebenarnya anda dapat mengetahui komposisi dari sebatang cerutu hanya dengan menghirup sedikit saja aroma dari cerutu yang berbeda – beda. Kebanyakan orang mengetahui bahwa cerutu terbuat dari fermentasi daun tembakau, namun aroma dan rasa daun tembakau inilah yang beragam. Tergantung tempat tumbuhnya tembakau misalnya, kebun tembakau di Jember memiliki aroma dan rasa yang berbeda dengan daun tembakau yang tumbuh di Jawa Barat.

Sehingga cerutu yang dihasilkan oleh kedua perkebunan ini akan berbeda meskipun sama – sama pohon tembakaunya. Hal ini disebakan oleh berbedanya tempat menanam pohon tembakaunya, yang sama antara keduanya ialah komposisi dari cerutu itu sendiri. Dalam 1 batang cerutu biasanya berisi 3 bagian daun tembakau, Ketiga bagian ini adalah Ligero, Seco dan Volado untuk dijadikan filler, binder dan wrapper.

Ligero adalah daun tembakau yang tumbuh di bagian atas tanaman tembakau, banyak terpapar sinar matahari. Memiliki tekstur yang lebih tebal dan kaya akan rasa dan aroma yang kuat(setelah melalui proses pengeringan dan fermentasi). Daun bagian ini juga memiliki proses pembakaran yang lebih lama daripada bagian daun lainnya.

Dengan begitu semakin banyak komposisi Ligero dalam satu buah cerutu, maka semakin kuat dan bervariasi rasa dan aroma cerutu. Oleh sebab  itu bisa jadi cerutu yang berkualitas baik memiliki komposisi Ligero lebih banyak dari pada komponen daun lainnya.

Kemudian yang kedua adalah bagian Seco yang artinya kering, bagian daun ini berasal dari tengah daun tanaman tembakau. Memiliki karakteristik lebih ringan, maka semakin banyak komposisi Seco semakin ringan pula rasa dan aroma yang dimiliki sebatang cerutu.

Related image

Dan yang terakhir adalah bagian Volado, yaitu bagian paling bawah pada daun tumbuhan tembakau. Tidak banyak berpengaruh pada penentu rasa dan aroma pada sebatang cerutu, namun bagian ini berperan besar dalam proses pembakaran. Karena pada bagian daun lainnya tidak memiliki proses pembakaran sempurna, sehingga adanya Volado membantu pembakaran sempurna pada sebuah cerutu.

Maka dapat disimpulkan keseimbangan dalam peracikan ketiga bagian sangatlah penting. Berupa Ligero, Seco dan Volado ini sangat berpengaruh pada rasa dan aroma dari sebatang Cerutu yang akan anda nikmati. Dan ini juga bisa digunakan sebagai indikator dari cara mudah mengetahui kualitas Cerutu terbaik.

Kemasan Luar Cerutu (Wrapper) Mencerminkan Ketelitian Produsennya

Cerutu yang telah memasuki tahapan meracik, kemudian melinting, memotong dan yang terakhir pembungkusan. Pada tahapan – tahapan ini membutuhkan ketelitian ektra mengingat banyaknya proses yang harus dilakukan sebelum pengepackan dan dipasarkan kepada konsumen. Dalam kemasan yang rapi dan baik memiliki uji yang panjang, berupa tes Quality Control (QC) yang berulang kali.

Apabila tidak lolos QC maka produk akan dikembalikan pada pembuatannya untuk dibuat secara berulang – ulang. Sistem ini biasanya diterapkan pada perusahaan cerutu yang telah berkembang pesat, tetapi bagaimana pada perusahaan cerutu yang masih kecil? Bagaimana cara mengecek ketelitian para pekerjanya?

Telah dibahas sebelumnya bahwa sebelum dikemas, cerutu telah melewati beberapa tahapan proses yang sudah seharusnya teruji secara higenis. Kalau produk cerutu itu sudah selayaknya dikemas dan kemudiannya dapat dipasarkan pada konsumen. Tetapi untuk produsen yang tidak teliti, kesalahan dalam penilaian kelayakan untuk proses pengemasan cerutu ini tidaklah diindahkan.

Dan hal tersebut menyebabkan rusaknya atau tidak rapinya kemasan luar dari cerutu itu sendiri. Maka dapat disimpulkan bahwa kelayakan kemasan luar dari sebatang atau sekotak cerutu mencerminkan ketelitian dari produsen cerutu tersebut. Dapat pula dikaitkan dengan salah satu indikator dari cara mudah mengetahui kualitas Cerutu terbaik.

Image result for bagian cerutu

Maka sudah menjadi kewajiban produsen untuk memperhatikan para pegawainya dalam melakukan setiap proses produksinya. Terutama pada proses pengemasan, karena pada proses ini dapat diteliti uji kelayakan apakah produk itu layak untuk dikemas. Atau anda sang produsen, untuk mengurangi ketidakrapian dan kerusakan kemasan pada kemasan luar Cerutu bisa menggunakan mesin.

Mesin khusus yang digunakan untuk pengemasan dan dapat diatur. Jika produk sesuai dengan quality control bisa dikemas, begitupula untuk produk yang tidak sesuai disendirikan dan dikembalikan pada proses peracikan dan pelintingan. Tentunya dengan begini akan mempermudah proses produksi yang baik dan sesuai dengan standar produksi.

Sensasi Cerutu Tidak Bisa Dibohongi dari Penikmatnya

Satu lagi indikator dari cara mudah mengetahui kualitas Cerutu terbaik yaitu dengan menikmati sensasi rasa cerutu oleh penikmatnya. Bahkan bagi penikmat cerutu, menikmatinya tidak bisa dilakukan disembarangan tempat dan waktu loh! Ada berbagai cara yang dapat diterapkan untuk menikmati cerutu.

Cara menghisap cerutu  yang pertama dengan membakarnya dengan korek khusus, seperti korek gas butane lighter. Karena jika anda menggunakan korek gas biasa akan menyebabkan aroma gas itu bercampur dengan aroma asli cerutu. Anda juga bisa menggunakan korek kayu yang masih tradisional agar tak merusak aroma asli milik cerutu.

Dan disarankan untuk anda penikmat cerutu tidak menghirupnya hingga paru – paru, melainkan menghisap dan menahannya di mulut kemudian melepaskannya. Sering – seringlah memutar cerutu dan jangan menelan asapnya, karena asapnya ini tidak baik untuk paru – paru. Tentunya anda tetap ingin sehat kan dengan menghirup cerutu dengan cara yang benar.

Hisap dengan perlahan, jika anda menghisapnya dengan terburu – buru akan menimbulkan rasa hangus terbakar yang amat tidak nyaman. Tapi jika anda terlalu lama menghisapnya api bisa segera mati dan anda harus menyalakan ulang cerutu anda. Hal terpenting dalam menikmati cerutu adalah nikmati pada tempat atau area khusus. Sebab cerutu memiliki bau yang tajam maka jangan di hisap di tempat umum. Lebih nikmat lagi apabila cerutu dinikmati dengan minuman pendamping yang biasanya berupa kopi hitam tanpa gula atau minuman beralkohol. Begitulah 3 cara mengetahui kualitas cerutu terbaik yang dapat anda aplikasikan, apalagi untuk anda penghisap cerutu pemula.

Silakan LIKE dan SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.