Menyimpan Cerutu dengan Cepat

Image result for cigar in humidor

Cara penyimpanan cerutu agar kualitasnya tetap terjaga yang pertama ini akan membahas tentang menyimpan cerutu dengan cepat. Cerutu sangat dipengaruhi oleh kondisi intensitas cahaya, suhu, dan kelembapan. Cerutu sebaiknya tidak terkena oleh sinar matahari secara langsung, karena hal ini akan mengakibatkan pembungkus cerutu (wrapper) terlalu kering dan mudah sobek.

Berikutnya suhu, merupakan hal yang terpenting untuk menentukan kualitas cerutu. Pastikan suhu udara tetap stabil, karena hal ini akan berpengaruh dengan kualitas baik tidaknya cerutu. Sebab suhu udara yang tidak stabil akan mengakibatkan cerutu mengering (over dry) dengan cepat.

Hasil cerutu yang sudah siap pakai ini pun tidak harus digunakan di hari itu juga. Namun bisa saja jika anda ingin menggunakan sewaktu-waktu. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menyimpan cerutu dengan cepat adalah:

  • Lakukan Pengukuran Suhu Udara dan Kelembapan dengan Cepat

Kondisi suhu ideal untuk penyimpanan cerutu yaitu sekitar 70°F (21°C), dengan kelembapan ideal sekitar 70%. Untuk mengukur suhu dan kelembapan ini Anda dapat menggunakan alat yang disebut Hygrometer.  Hal ini akan membuat cara penyimpanan cerutu untuk  kualitasnya menjadi baik, serta cerutu akan tetap segar ketika dinikmati.

  • Simpan Cerutu di Dalam Kantung Plastik

Jika Anda belum ingin merokok saat itu, maka masukkan cerutu ke dalam kantung plastik yang terbuka. Siapkan handuk bersih yang sedikit lembab lalu letakkan pada mulut kantung. Simpan di tempat yang gelap suhu sekitar 21°C, sering periksa cerutu untuk memastikan cerutu tidak berjamur.

  • Jauhkan Cerutu dari Kulkas

Jangan menyimpan cerutu pada kulkas, karena hal ini akan mengurangi isi kelembapan cerutu Anda. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik simpanlah cerutu di tempat yang sejuk di rumah Anda.

Menyimpan Cerutu dalam Kotak

Umumnya kualitas tembakau yang baik pada cerutu adalah ditanam di iklim tropis, dengan ideal kelembapan sekitar 65%-75%. Proses penanaman tembakau ini dilakukan dari penyemaian benih pada saat musim kemarau dan dipanen setelah tembakau berumur 4 bulan. Setelah itu cerutu akan disimpan pada kotak yang disebut humidor, cara penyimpanan cerutu untuk kualitasnya menjadi baik adalah menyimpannya pada suhu ideal.

Berikut adalah langkah-langkah menyimpan cerutu dalam kotak agar cerutu tetap segar untuk dinikmati:

  • Pilih Kotak Cerutu yang Tepat

Pilihlah kotak cerutu yang cukup besar untuk mempermudah Anda menyimpan jumlah cerutu yang Anda miliki. Untuk menjaga kondisi suhu dan kelembapan tetap dalam keadaan stabil, sebaiknya pilihlah kotak cerutu yang menyertakan alat hygrometer dan humidifier. Namun jika tidak ada, Anda juga bisa membelinya secara terpisah dengan melakukan kalibrasi terlebih dahulu sebelum memasukkan cerutu.

  • Simpan Kotak Cerutu di Tempat Sejuk dan Kering
Image result for cigar in humidor

Tujuan dari hal ini adalah untuk mencegah pertumbuhan jamur yang akan merusak cerutu. Kondisi penyimpanan cerutu yang tidak baik akan mengakibatkan cerutu sulit untuk dinyalakan, dan adanya serangga yang menggerogoti cerutu. Sebaiknya humidor harus tetap disimpan di tempat dengan suhu sekitar 21°C agar cerutu tetap terasa empuk dan segar.

  • Jangan Simpan Kotak Cerutu di Bawah Sinar Matahari secara Langsung

Jika kotak cerutu berada di bawah sinar matahari maka akan menaikkan suhu kotak cerutu tersebut. Hal ini juga akan menyebabkan kehilangan fungsi dalam menjaga suhu dan kelembapan yang terdapat pada kotak cerutu kayu. Bukan hanya itu, jika tempat penyimpanan bersuhu panas maka akan menimbulkan serangga yang menggerogoti dan menimbulkan lubang-lubang kecil.

Menyimpan Cerutu Ketika Tidak Digunakan Lama

Untuk menyimpan cerutu dalam waktu lama tanpa khawatir cerutu akan mengalami kerusakan adalah dengan memberikan perawatan cerutu sekaligus penyimpanannya. Perawatan yang baik akan membuat cerutu juga berkualitas baik dan yang pasti cerutu akan menghasilkan rasa yang nikmat. Cara penyimpanan cerutu untuk kualitasnya yang baik inilah yang akan digemari oleh para pecinta rokok.

Berikut adalah beberapa cara menyimpan cerutu ketika tidak digunakan dalam waktu lama:

  • Simpan Cerutu pada Humidor

Tempat yang baik untuk menyimpan cerutu dalam jangka yang panjang adalah humidor. Humidor yang baik adalah humidor yang terbuat dari kayu cedar Spanyol, karena dapat mempertahankan suhu dan kelembapan dengan stabil 70%. Sebab kelembapan yang disarankan agar cerutu dapat bertahan dalam waktu yang lama adalah 65%-75%.

  • Simpan Cerutu pada Tempat yang Layak

Artinya simpan cerutu pada kotak cerutu di tempat yang suhu dan kelembapannya memadai. Kondisi suhu ideal untuk penyimpanan cerutu yaitu sekitar 70°F (21°C), dengan kelembapan ideal sekitar 70% RH. Jika suhu terlalu lembab maka cerutu akan terasa tidak enak dan sulit untuk dibakar.

  • Simpan Cerutu dengan Benar

Jika cerutu disimpan di tempat yang benar dan diperhatikan perawatannya, maka cerutu tidak akan mudah mengalami kerusakan. Cerutu juga tidak mengalami kadaluarsa, malah jika cerutu semakin lama disimpan maka cerutu akan semakin matang dan nikmat.

  • Segera Pindahkan Cerutu Berserangga

Jika terdapat cerutu yang mengalami kerusakan atau menimbulkan serangga maka segera pindahkan cerutu tersebut supaya tidak menulari cerutu lain. Bersihkan tempat humidor hingga tidak ada serangga yang menempel pada humidor. Pindahkan humidor pada tempat yang bersih, bersuhu sejuk, dan terlindung dari sinar matahari.

Jangan lupa klik LIKE, SHARE dan COMMENT ya guys. Jika ingin mendapatkan cerutu Indonesia berkualitas, langsung saja ke 0812-1412-8985 (WA)

Silakan LIKE dan SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.