Siapa Saja Tokoh Indonesia Yang Menggemari Cerutu

Kebiasaan menikmati cerutu tidak hanya dilakukan oleh orang biasa, namu  para pembesar negara mulai dari Presiden, Menteri sampai dengan para artispun merupakan penghisap Cerutu. Berikut ada 5 orang yang tercatat sebagai penggemar menghisap cerutu. Penggemar Cerutu Indonesia: Mulai Presiden, Menteri, Sampai Artis Ibukota

  • Presiden Soekarno
Image result for soekarno dan cerutu

Dari kalangan Presiden, kerap kali ditemukan Presiden Soekarno sedang menghisap cerutu. Kebiasaan ini dilakukan saat sedang bersantai seperti saat sedang menghadiri acara yang tidak resmi. Beliau jarang menggunakannya hingga habis, namun baru ditengah langsung dimatikan.

Presiden Soekarno memiliki Hubungan dekat dengan Che Guevara dan Fidel Castro yang merupakan pimpinan Kuba, pernah beliau memberikan hadiah berupa keris. Dan mereka juga menukar penutup kepala mereka antara Topi Komandan militer milik Castro dan Kopiah milih Soekarno. Dan mereka juga menghadiahi Soekarno Sebatang Cerutu buatan khas dari Kuba.

  • Ali Wardhana
Image result for ali wardhana cerutu

Mantan menteri keuangan (Menkeu) pada masa orde baru ini ternyata juga merupakan ahli ekonomi yang menggemari cerutu. Kegemarannya dalam menghisap cerutu, dari berbagai jenis dan dengan jumlah yang cukup banyak. Terdapat beberapa koleksi cerutu miliknya yang masih bertengger di rumahnya saat ia menuntaskan jabatannya sebagai Menteri Keuangan.

Sepak terjang oleh Ali Wardhana selaku menteri dalam perekonomian Indonesia tidak perlu diragukan lagi, ia adalah penasehat perekonomian yang juga menjabat sebagai Menko Ekonomi, Industri dan Pengawasan Pembangunan. Masa jabatannya terhitung 5 tahun sejak tahun 1983 sampai dengan tahun 1988.

  • Presiden Soeharto
Image result for soeharto cerutu

Tak lain dan tak bukan selain Presiden Soekarno, Presiden kedua yaitu Presiden Soeharto juga merupakan pecinta Cerutu. Sama halnya dengan presiden Soekarno, presiden Soeharto juga menghisap Cerutu saat sedang bersantai menikmati waktu luang. Bahkan bagi menterinya, saat Soeharto menghisap cerutunya, beliau sedang memberikan kode yang merupakan bagian dari komunikasinya.

Karena Presiden Soeharto kuat pada komunikasi nonverbal yang berupa anggukan kepala, tersenyum bahkan dengan menghisap cerutu. Dan beberapa orang mengerti dan dapat berkomunikasi dengan bahas nonverbal itu. Menghisap cerutunya itu dapat menyatakan suasana hati beliau.

Misalnya pada saat beliau menghisap cerutu  dengan jalan mondar – mandir di tempat ini pertanda suasana hatinya sedang baik. Namun jika beliau menggigit – gigit cerutu kecil maka pertanda beliau sedang banyak masalah dan suasana hatinya saat itu tidak dapat diduga.

  • Roy Marten

Kebiasaan menghirup cerutu ini juga datang dari aktor ternama Roy Marten. Ayah dari Gading Marten ini juga menjelaskan akan kecanduan dalam menghirup Cerutu ini sulit dilepaskan karena telah menjadi kebiasaan yang melekat. Menikmati cerutu baginya adalah salah satu cara untuk menikmati hidup.

Kebiasaan menghisap cerutu ini biasanya dilakukan Roy saat masa – masa banyak pikiran yang mengganggu. Begitu juga pada saat bersedih, kerap kali tertangkap media Roy Marten menghisap cerutunya.

  • Addie MS
Image result for cerutu addie ms

Sebagai musisi, kerap kali Addie MS terlihat sedang menikmati cerutu kegemarannya. Namun kadangkala hobbynya ini pun kerap diprotes oleh anak anaknya.

Cerutu Sebagai Gaya Hidup Borjuis dari Masa ke Masa

Perkembangan pada masyarakat, tak hanya tentang pakaian, makanan dan teknologi saja? Ternyata perkembangan ini juga berpengaruh pada kebiasaan menghisap cerutu. Gaya hidup borjuis biasanya diturunkan melalui pergaulan atau keturunan lingkungan yang dapat membentuk karakter. 

Gaya hidup borjuis ini merupakan budaya menjunjung tinggi status pergaulan di masyarakat yang tanpa disadari kita dapat di kelompokkan sesuai kelompok yang kita masuki. Dan dari masa ke masa gaya hidup ini yang dahulunya juga ditandai dengan orang – orang petinggi  negara maupun pengusaha sukses. Biasanya komunitas borjuis ini menghisap cerutu sebagai media untuk mengungkapkan perasaannya.

Gaya hidup seperti ini disebabkan oleh masyarakatnya yang terbiasa hidup dengan lingkungan yang mendukung dilandasi dengan faktor keturunan. Cerutu tetap digunakan dari era ke era dengan berbagai revolusi sesuai kebutuhan masyarakatnya. Namun kini hanya ditemukan beberapa pabrik Cerutu ini, seiring berkurangnya para Bonjuis Indonesia yang menggemari Cerutu Indonesia, mereka lebih menggemari cerutu impor dari negara Kuba.                           

Borjuis juga menyebalkan dan membuat kecemburuan sosial akibat gaya hidupnya yang amat mewah dan menyenangkan, serta  runtuhnya moral dan kepercayaan. Dengan menghilangnya perilaku ini maka sedikit demi sedikit kita dapat menghambat pertumbuhan cerutu dan memperbaiki sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat itu.

Itulah sebagian dari tokoh Indonesia yang menggemari cerutu dalam kesehariannya, semoga bermanfaat. Jangan lupa LIKE dan SHARE ya guys.

Silakan LIKE dan SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.