Cerutu premium Indonesia konon yang terbaik nomor 2 di dunia.

Cerutu, Definisi Serta Sejarah Singkatnya

Pengertian dari cerutu sendiri adalah gulungan utuh daun tembakau yang  dikeringkan dan telah difermentasikan yang berbentuk silinder memanjang. Cerutu adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia yang mendunia, pada umumnya dalam menikmati cerutu adalah salah satu ujungnya dibakar dan asapnya dihisap oleh mulut melalui ujung lainya.

Tembakau untuk cerutu terutama dikembangkan dan dibudidayakan di negara-negara seperti Brazil, Cuba, Republik Dominika, Indonesia dan Meksiko dan hal yang perlu dicatat disini adalah produk cerutu dari Kuba adalah yang terbaik dan Kuba adalah negara paling ikonik untuk negara penghasil cerutu.

Tembakau terbaik dunia

Sebelum kita masuk lebih dalam, perlu diketahui cerutu berasal dari tembakau, dan tembakau sendiri disinyalir adalah tanaman yang sangat berharga. Tembakau adalah komoditas ekspor Indonesia yang mendunia yang berasal dari  kata Tobago, berasal dari kata nama pulau yang berada di Karibia.

Namun ada juga yang lain mempercayai bahwa berasal dari kata tobasco, adalah suatu daerah yang berada di Meksiko. Tahukah Anda dimana dan seperti apakah sejarah dari cerutu pertama kali dibuat dan diproduksi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda harus mengetahui bahwa cerutu, komoditas ekspor Indonesia yang mendunia pertama kali dikembangkan di negara Spanyol. Namun sebelum mereka membuatnya dari bahan baku tembakau yang dibudidayakan oleh bangsa Maya di semenanjung yukatan Meksiko dan bagian dari Amerika Tengah.

Di Eropa sendiri, pembuatan dan konsumsi akan cerutu tidak sebegitu populer seperti sekarang. Diantara yang kaya dan modis, gaya yang disukai menikmati cerutu adalah kesukaan atau kebiasaan mereka yang biasa disebut dengan golongan kaya dan pada zaman dahulu adanya diskriminasi yang jelas antara masyarakat golongan atas dan golongan bawah.

Beberapa catatan mengatakan bahwa penggunaan tembakau cerutu, komoditas ekspor Indonesia yang mendunia sendiri akhirnya menyebar ke suku-suku lain di utara atau selatan Amerika. Sebagaimana hal ini terbawa juga oleh Columbus yang berlayar dan membawa tembakau dalam bentuk cerutu yang akhirnya sampai ke Indonesia.

Cerutu Sebagai Komoditas Unggulan di Berbagai Negara

Berikut akan diulas 5 Negara yang memiliki komoditas cerutu terbaik berdasar beberapa data dan sumber yang valid dan terpercaya yang berhasil kami himpun.

Cuba atau dalam bahasa Indonesia ditulis “Kuba”, pantas apabila Kuba merupakan negara yang paling terkenal sebagai sebuah negara yang memiliki komoditas cerutu terbaik, pasalnya tembakau yang dihasilkan memiliki cita rasa dan aroma kualitas yang paling tinggi. Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat meskipun telah mengembargonya tetap saja hal tersebut tidak mempengaruhinya sebagai negara nomor satu yang sangat berpengaruh dalam bidang cerutu.

Tembakau yang dihasilkan oleh Republik Dominika memiliki rasa halus dan cita rasa yang lembut dan cerutu yang dihasilkannya pun sangat terkenal meskipun Kuba merupakan Negara penghasil cerutu terbaik tapi republik Dominika tidak kalah untuk hal cita rasa cerutu di dunia.

Sebagaimana diketahui setelah revolusi Kuba maka banyak para pembuat cerutu berbondong-bondong pindah ke wilayah dengan iklim lembab dan tanah yang lebih subur yaitu Nikaragua, sebagaimana Kuba maka Nikaragua memiliki citarasa cerutu yang kuat dan pedas. Dan hal menarik dari cerutu asal Nikaragua ini adalah ada semacam hubungan yang tidak bisa dipisahkan antara cerutu yang dihasilkan oleh Nikaragua dengan Kuba.  

Negara yang mengeklaim sebagai negara pertama yang menanam tembakau jenis corojo ini memiliki cita rasa yang khas dan cerutu yang dihasilkan rata-rata berwarna gelap dan bercita rasa kuat dan alami.

Sejatinya Ekuador adalah Negara baru yang masuk dalam percaturan cerutu, namun demikian dalam masa 10-15 tahun dapat memproduksi tembakau cerutu dengan kualitas yang baik dan mampu bersaing dengan cerutu lainnya antara lain adalah seperti cerutu Kuba dan Republik Dominika.

Keberadaan Cerutu di Indonesia: Menjadi Produk Unggulan Ekspor

Tembakau yang dibuat cerutu lazimnya tidak hanya diperdagangkan di pasar domestik, melainkan juga merupakan komoditas ekspor untuk Indonesia, betapa tidak karena pada tahun 2007 China menghasilkan tembakau sebanyak 2.397.200 ton atau sebesar 38% dari produksi dunia.

Berikutnya diikuti oleh Brazil, India dan Amerika Serikat. Dan berikutnya negara kelima adalah Indonesia, yakni dengan produksi sebanyak 164.851 ton atau sekitar 2,6% dari produksi dunia. Larangan impor dari berbagai negara juga memberikan dampak positif bagi kemajuan cerutu.

Secara umum nilai ekspor cerutu sebagai komoditas ekspor Indonesia yang mendunia memiliki angka yang fluktuatif. Artinya naik turun karena pada 1993-1996 sempat menurun, kemudian naik kembali pada 1997 dan turun kembali selama periode 1999-2000.

Dimana terlihat nilai ekspor sempat mencapai puncak kejayaan pada awal 1998 yaitu senilai 147,6 juta dollar AS. meskipun demikian, salah satu produk terkenal bahan utama cerutu ini salah satunya dari Jenggawah Kabupaten Jember.

Tembakau tersebut berjenis Besuki Na oogst (NO) memang agak susah untuk dilafalkan tapi terbakau ini terkenal dan diekspor ke berbagai negeri di Eropa seperti Jerman dan Italy. Hebatnya ekspor tembakau sebagai bahan utama cerutu ini tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi. Pada saat itu banyak petani tembakau dan produsen cerutu Indonesia yang kaya raya.

Krisis terjadi terjadi di negara tujuan ekspor pada periode 1998-1999. Sebagaimana dari data yang terpercaya bahwa 70% produksi komoditas cerutu, komoditas ekspor Indonesia yang mendunia selalu menunjukkan konsistensi untuk selalu memenuhi permintaan ekspor.

Agaknya hal tersebut yang membuat Indonesia bertahan untuk hal komoditas ekspor tembakau, selain hal yang telah disebutkan tadi atas yaitu tentang permintaan ekspor dari negara negara di Eropa. Terlihat dari data yang terpercaya, bahwa tembakau menunjukkan nilai ekspor yang tetap tinggi dan tidak terpengaruh dari kampanye-kampanye anti rokok yang digalakkan oleh pemerintah melalui badan badan kementerian yang berhubungan dengan hal ini.

Silakan LIKE dan SHARE :

2 Replies to “Cerutu, Komoditas Ekspor Indonesia yang Mendunia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.