Apa Saja Bagian Penting Dari Sebuah Cerutu?

3 Bagian Cerutu yang Amat Penting

Cerutu  atau yang biasa disebut cigar saat ini sudah banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Berbeda halnya dengan cerutu di masa lalu yang hanya dikonsumsi oleh kaum menengah ke atas saja. Cerutu ini berbeda dengan rokok, memiliki bentuk lebih besar daripada rokok, dan sama sekali tidak menggunakan kertas.

Cara penggunaan cerutu sama dengan rokok, dibakar dan dihisap, hanya levelnya saja yang berbeda, lebih mahal cerutu daripada rokok. Cerutu memiliki kualitas yang lebih baik daripada rokok karena kekhasan rasanya yang berasal dari olahan tembakau berkualitas. Cerutu dinikmati hanya di mulut saja, tidak sampai “ditarik” ke paru-paru. Itu saja perbedaan yang utamanya.

Related image
Anatomy of Cigars

Cerutu adalah gulungan tembakau, normalnya cerutu hanya terdiri dari tembakau tetapi kini cerutu di Indonesia juga dicampuri sedikit cengkeh untuk memodifikasi cerutu. Hal itu karena Indonesia terkenal dengan produksi kreteknya sehingga berbagai inovasi pembuatan cerutu terus dikembangkan. Cerutu memiliki rasa khas dikeluarkan oleh filler yang dibungkus binder dan wrapper, dan inilah bagian-bagian cerutu yang perlu diketahui.

Terdapat beberapa bagian cerutu yang sangat penting, dan menjadi komposisi utama dari sebuah cerutu berkualitas. Inilah bagian-bagian cerutu yang perlu diketahui dan sangat penting untuk keutuhan sebuah cerutu yang sempurna:

  • Filler

Filler merupakan bagian cerutu yang paling penting, karena berfungsi untuk memberikan rasa pada sebuah cerutu. Sebuah cerutu biasanya filler-nya bisa terdiri dari long filler maupun short filler. Untuk cerutu kelas premium, biasanya fillernya adalah dari daun tembakau utuh yg terdiri dari beberapa jenis daun tembakau utuh (long filler). Sedangkan short filler adalah isi cerutu yang berupa daun tembakau rajangan / cacah.

  • Binder

Kemudian binder bagian kedua dari cerutu yang berfungsi untuk mengikat filler agar komposisi fillernya tidak tercecer ke mana-mana.

  • Wrapper

Bagian terluar dari cigar atau cerutu adalah wrapper, yang berfungsi sebagai pembungkus di lapisan ketiga yang juga terbuat dari daun tembakau kering. Wrapper terbuat dari tembakau pilihan yang telah diambil batang daunnya. Wrapper haruslah terbuat dari daun yang sempurna karena posisi wrapper yang pertama kali terlihat olah seorang penikmat cerutu.

Bagian-bagian cerutu di atas adalah komposisi utama cerutu, semuanya terdiri dari olahan daun tembakau yang rasanya khas dan banyak diminati orang.

Bagian Luar Cerutu: Wrapper dan Binder

Image result for anatomy of cigars
Anatomy of Cigars

Bagian selanjutnya dalam komposisi cerutu adalah, Wrapper dan Binder, keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, yakni sebagai pembungkus filler. Binder ini termasuk bagian kedua yang terpenting dari cerutu, posisinya  sebagai pengikat berbagai kombinasi filler di bagiam dalam cerutu.

Jumlah lembaran tembakau yang digunakan pembungkus atau  binder disesuaikan dengan jenis filler yang dipakai, short filler atau long filler. Jika filler yang digunakan adalah short filler maka binder pembungkus yang digunakan cukup satu lembar saja. Sedangkan, jika filler termasuk long filler, yang memiliki volume atau ukuran lebih maka memerlukan dua lembar binder untuk pembungkus.

Setelah filler dibungkus oleh binder, kemudian lapisan terakhir sebagai pembungkus adalah Wrapper, yang membuat komposisi menjadi satu kesatuan cerutu. Pembungkus terluar cerutu, atau wrapper  berfungsi sebagai cover cerutu yang juga memiliki beberapa bagian penting agar cerutu bisa digunakan. Bagian-bagian wrapper, yakni cap/tip, kepala cerutu, tubuh cerutu, dan kaki cerutu, inilah bagian-bagian cerutu yang perlu diketahui, khususnya wrapper:

  1. Cap/tip merupakan bagian penutup yang letaknya di ujung bagian kepala cerutu, bagian ini fungsinya untuk mengunci dan mengisap cerutu.
  2. Ujung kepala cerutu adalah bagian penting dari cerutu, di sini harus terdapat lubang serta sebuah cap untuk mengunci Wrapper.
  3. Sedangkan tubuh cerutu / body hanya digunakan untuk memegang cerutu, dan kakinya berfungsi untuk dibakar agar rasanya bisa dihisap untuk dinikmati.

Wrapper sebagai pembungkus yang paling luar juga berfungsi untuk memberikan tampilan menarik bagi cerutu. Bungkusnya terbuat dari daun tembakau premium kering dengan sempurna, namun juga memiliki berbagai pilihan warna, warna khasnya adalah cokelat. Ini juga berfungsi mengeluarkan karakter atau style dari kemewahan cerutu itu sendiri.

Bagian Dalam Cerutu: Filler

Filler adalah bagian utama yang ada di inti terdalam sebuah cerutu, serta memegang posisi paling penting sebagai pembentuk cerutu. Filler memiliki berbagai macam jenis olahan dari tembakau yang bisa memberikan sebuah rasa dan aroma yang kuat pada cerutu. Banyaknya jenis olahan tembakau yang digunakan untuk menyusun filler membuatnya digolongkan menjadi beberapa jenis dengan kategori dan kriteria tertentu.

Simak artikel menarik lainnya tentang Cerutu Indonesia :

Filler tersusun dari beberapa jenis tembakau yang berasal dari kombinasi berbagai rasa yang berbeda, agar cerutu memiliki cita rasa unik. Setiap jenis tembakau sebelum diproduksi, harus dipilah terlebih dulu mana yang akan digunakan sebagai komposisi filler dalam sebuah cerutu. Jenis-jenis dari daun tembakau yang telah diolah memiliki berbagai aroma, yang kemudian hanya dipilih beberapa yang memiliki kualitas terbaik.

Kombinasi daun tembakau berkualitas yang akan dijadikan filler harus tepat sesuai takaran penyajian yang pas, tidak kurang atau lebih. Jika komposisi tembakau tidak sesuai dengan takaran yang pas maka berpengaruh pada aroma dan rasa cerutu menjadi tidak maksimal. Jenis tembakau penyusun filler, yakni Ligaro, Seco dan Volado, inilah bagian-bagian cerutu yang perlu diketahui, khususnya pada bagian filler.

  1. Ligaro, adalah bagian daun tembakau yang tumbuh pada bagian yang paling atas dari dahan daun tembakau.
  2. Sedangkan Seco adalah daun tembakau yang berada di tengah dahan, Seco dapat memberikan rasa dan aroma medium pada cerutu.
  3. Yang terakhir adalah Volado, berada di bagian paling bawah, jenis daun ini memberikan rasa dan aroma mild pada cerutu.

Jenis-jenis daun tembakau tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk dijadikan filler pada cerutu. Kombinasi dari jenis-jenis tersebut harus dalam takaran yang pas agar kualitas rasa cerutu tidak menurun.

Silakan LIKE dan SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.