Cerutu Banyak Jenis dan Bentuknya

Berbagai Jenis Cerutu Mulai yang Kuno Sampai Kekinian

Berbicara mengenai cerutu tidak akan ada habisnya bagi penggemar cerutu. Karena cerutu dianggap sebagai cigaret sejati. Secara umum cerutu dinikmati itu bisa berasal dari berbagai negara. Langsung saja, berikut daftar jenis-jenis cerutu terbaik di dunia dari masa lampau hingga sekarang.

  1. Cohiba, merek cerutu dari Kuba ini diperkenalkan mulai pada tahun 1968 dan segera menjadi unggulan dari industri cerutu Kuba.
  2. Trinidad, merek cerutu dari Kuba  dipasarkan sejak pada tahun 1969, nama ini diambil dari sebuah kota yang paling indah di Kuba dan diproduksi secara istimewa untuk Fidel Castro.
  3. Arturo Foente, merek cerutu dari Republik Dominika ini telah membuat cerutu selama tiga generasi, ada beberapa jenisnya yaitu Double Corona, Robusto dan Perfection.
  4. Montecristo, merek cerutu dari Kuba yang satu ini didirikan pada tahun 1935 sebagai merek yang baru berasal dari keluarga Menendez dan Garcia. Dengan Montecristo ini penikmat cerutu akan menikmati rasa yang monties. Artinya aroma yang luar biasa, medium dengan aroma yang pekat dan tajam.
  5. Sancho Panza, merupakan merek cerutu yang berikutnya juga berasal dari Kuba. Namanya diambil dari sebuah karekter terkenal dalam kisah dari negeri Spanyol yaitu Don Quixote. Sangat direkomendasikan untuk pemula atau kepada siapa yang ingin menikmati cerutu di siang hari dengan secangkir kopi ataupun minuman ringan lainnya.
  6. Padron, merek cerutu yang satu ini berasal dari negara Nicaragua. Padron pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994. Dan memiliki sembilan ukuran dengan lintingan alami atau biasa disebut maduro.

Jenis Cerutu Jika Dilihat dari Warnanya

Jenis Cerutu

Sebagaimana telah dibahas pada ulasan sebelumnya bahwa cerutu sendiri merupakan gulungan tembakau utuh yang dikeringkan dan difermentasikan dengan cara pemakaian yaitu dibakar salah satu ujung kemudian dihisap pada ujung satunya.

Sebagaimana diketahui bahwa tembakau merupakan bahan utama cerutu dihasilkan oleh beberapa negara yang berbeda dengan kondisi lingkungan dan alam yang berbeda selain letak geografisnya atau bahkan karena waktu pemetikan yang berbeda.

Bicara cerutu, biasanya tidak bisa dipisahkan dari 3 S (Sun, Soil, Skill). Kualitas daun tembakau yang dihasilkan tergantung Sun (matahari), Soil (tanah) serta Skill (teknik pengolahannya) sehingga kombinasi dari ketiganya akan menghasilkan tembakau serta cerutu yang berkualitas.

Lalu kemudian timbul pertanyaan bagaimana membedakan jenis-jenis cerutu tersebut apabila dilihat dari segi warnanya. Berikut  adalah daftarnya.

  1. Doubel Claro, warna ini sangat ringan agak kehijau-hijauan. Warna ini didapat dengan cara merokok cerutu dengan memetik daun sebelum jatuh tempo dan didapat dari pengeringan yang cepat. Dan sering didapat di daerah Connecticut Amerika Serikat.
  2. Claro, warna ini merupakan warna coklat terang atau biasanya seperti kekuning-kuningan yang menunjukkan naungan atau bayangan dari tumbuhan tembakau itu sendiri.
  3. Colorado, merupakan cerutu dari tembakau yang berwarna coklat kemerahan (di Kuba biasa disebut dengan corojo atau rosado)
  4. Colorado Claro, memiliki warna agak kecoklatan khususnya warna ini dikarenakan kondisi geografis dari Republik Dominika dan Kuba sebagai penghasil tembakau berwarna colorado claro ini.
  5. Colorado Maduro, warna yang dimiliki adalah coklat tua, khususnya  cara merokok cerutu dikarenakan kondisi geografis juga. Biasa di tanam di Negara Kuba dan Honduras.
  6. Natural, warna yang dimiliki adalah coklat muda sampai coklat. Kenapa demikian warnanya karena seperti pada umumnya cerutu dengan tembakau seperti ini tumbuh pada daerah yang kaya akan sinar matahari atau berada di daerah tropis.
  7. Maduro, warna yang dihasilkan oleh jenis ini adalah coklat tua yang sangat gelap. Seperti yang biasa ditanam di Kuba.
  8. Oscuro, dalam bahasa Kuba biasa dinamakan double maduro. Banyak jenis cerutu yang ditemui atau ditanam di Kuba, Nicaragua, Brazil, Mexico, Conecticut dan Amerika Serikat, atau di benua Amerika pada umumnya.

Jenis Cerutu yang Cocok untuk Pemula

Sebagaimana diketahui bersama meskipun cara mengonsumsinya memiliki perbadaan antara rokok dan cerutu namun ada kemiripan yaitu cara penggunaanya yang dibakar.

Setelah kondisi menyala maka cerutu yang menyala tersebut, maka ujung yang satunya kita masukan ke dalam mulut dan biarkan di dalam dahulu asapnya kemudian tahan beberapa saat lalu buang asapnya. Lakukan berulang-ulang seperti saat kita berkumur.

Terdengar rumit untuk pemula namun lama kelamaan akan terbiasa. Banyak diantara Anda yang sudah mengetahui bahwa jenis mengonsumsinya memiliki perbedaan antara rokok dan cerutu.

Walaupun cerutu tidak begitu cocok dengan kondisi keuangan yang dimiliki oleh sebagian besar penduduk yang berada di Indonesia (karena harganya mahal) namun tetap cerutu merupakan ikon dan simbol dari prestise dari seseorang. Berikut ulasan tentang jenis cerutu yang cocok untuk pemula khusunya bagi yang baru saja mengenal tentang cerutu.

  1. Jenis corona, cerutu ini mengonsumsinya memiliki perbedaan antara rokok dan cerutu, cerutu ini berukuran 15 cm-42 cm yang cocok digunakan oleh pemula karena memiliki kepala tertutup yang bulat sehingga mudah untuk dihisap.
  2. Jenis piramid, jenis ini merupakan cerutu yang meruncing dan memilki kepala lancip.
  3. Jenis torpedo, memiliki bentuk cerutu yang lancip dengan ujung tertutup.
  4. Jenis perfecto, seperti yang telah bersama diketahui bahwa jenis ini mirip dengan jenis torpedo namun menggembung di tengah dengan kedua ujungnya tertutup. Dan akan membuat cerutu ini terlihat membulat.
  5. Jenis panatela, jenis cerutu ini mengonsumsinya memiliki perbadaan antara rokok dan cerutu, cerutu ini memiliki ukuran sekitar 18-38 cm, memiliki diameter yang lebih panjang tapi lebih ramping dari jenis corona.
  6. Jenis culebra, jenis ini dibuat dari jenis panatela yang berjumlah tiga dengan model dikepang sehingga akan menjadi sebuah tantangan dan sensasi baru untuk pemula penikmat cerutu yang menyukai tantangan.

Simak juga artikel menarik lainnya tentang cerutu
Mengapa cerutu?
Apa bedanya cerutu dengan rokok?

Silakan LIKE dan SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.