Perusahan-perusahan cerutu di Indonesia dari awal masuknya VOC ke nusantara hingga kini menghasilkan cerutu dengan kualitas bersaing seperti di masa lalu. Meskipun hanya beberapa perusahaan lokal yang bertahan dalam memproduksi cerutu, tetapi hasil kualitasnya tetap dapat diunggulkan di lingkup internasional. Terdapat 5 merk cerutu made in Indonesia berkualitas terbaik yang diproduksi oleh perusahaan lokal sejak zaman dulu dan terkenal di dunia serta menjadi unggulan ekspor.

Ini berdasarkan riset kami pribadi di internet (Google dan Youtube), bahwa merk ini sudah banyak dikenal oleh masyakarat luar. Selain itu juga berdasarkan hasil review dari beberapa cerutu Indonesia yang pernah kami review sendiri. Merk tersebut antara lain Tambo, Sultan Cigars, Don Agusto, Wismilak dan Dos Hermanos yang juga diproduksi di perusahaan lokal terkenal di Indonesia.

Image result for tambo cigars

Selain itu masih banyak merk cerutu premium Indonesia lainnya yang berkualitas, namun memang belum dikenal oleh masyarakat internasional. Cerutu premium Indonesia tersebut adalah Dayana Cigars, Taru Martani Robusto, Cadenza Robusto, dll.

Related image

PT. Taru Martani 1918 Yogyakarta memproduksi banyak merk cerutu terbaik sejak jaman dulu, begitupun PT. Boss Image Nusantara Jember yang memproduksi banyak jenis dan varian cerutu terbaik lainnya.

Image result for cerutu don agusto

Sebagian besar cerutu premium Indonesia terbaik itu adalah produksi hand made. Produksi hand made adalah diproduksi dengan tangan terampil oleh manusia (bukan mesin). Fillernya juga rata rata terdiri dari long filler (tembakau utuh) bukan rajangan / cacah. Mengapa Cerutu Premium Indonesia itu berharga mahal? Karena untuk menjadi sebatang cerutu premium Indonesia yang berkualitas itu memerlukan beberapa tangan manusia yang telaten dan terampil, mulai dari menanam, memanen dan memilih tembakaunya yang kemudian disambung dengan proses pembuatan cerutu itu sendiri.

Semua kembali lagi berpulang kepada selera, sebagai penikmat cerutu semua tergantung indera perasa / pengecap masing masing. Karena soal selera tidaklah sama antara satu orang dengan yang lainnya. Namun jika kita berbicara tentang angka penjualan, tentunya semua akan menjadi berbeda, misalkan kita menggunakan indikator cerutu mana yang paling banyak terjual? dan lain sebagainya.

Kelima jenis tersebut sebenarnya merupakan kategori secara umum dari berbagai jenis cerutu yang tersebar dan dipasarkan di seluruh dunia. Tapi, jenis cerutu yang diproduksi oleh beberapa perusahaan terkadang hanya ada beberapa saja, tidak semua jenis diproduksi dan dipasarkan. Merk tersebut terdiri dari beragam jenis dan ukuran, namun pada umumnya ukuran robusto dan corona.

Ke- 5 jenis cerutu made in Indonesia berkualitas terbaik ini dihasilkan di beberapa perusahaan cerutu, seperti BIN Cigars, Taru Martani, Wismilak dan PT. Djarum. Tetapi, 5 jenis cerutu made in Indonesia berkualitas terbaik tersebut tidaklah diproduksi oleh salah satu perusahaan. Masing masing produk memiliki kelebihan, kekurangan dan penggemar fanatiknya masing-masing. Seperti halnya penulis, yang menggemari cerutu yang memiliki karakter rasa mild to medium.

Namun, cerutu premium Indonesia juga diekspor ke mancanegara dengan merk yang berbeda (merk pesanan buyer di luar negeri) dan hanya dipasarkan di luar negeri saja seperti Eropa dan Amerika, padahal mereka semua dibuat di Indonesia. Rata rata dengan mininum order 10.000 batang, mereka melayani pesanan ke luar negeri dengan merk dan branding sesuai keinginan buyer.

Seperti perusahaan Taru Martani, Boss Image Nusantara dan PTPN X Jember yang sudah secara rutin ekspor cerutu ke luar negeri, namun sebagian besar dengan merk pesanan buyer di luar negeri (merk custom).

Ke- 5 jenis cerutu made in Indonesia berkualitas terbaik seperti yang telah disebutkan di atas merupakan sebagian kecil dari berbagai jenis cerutu produksi lokal. Ada lebih banyak lagi jenis-jenis cerutu buatan lokal yang tinggi kualitasnya setara dengan produk internasional. Jika dihitung jumlah seluruhnya bisa mencapai lebih dari 10 jenis cerutu dengan berbagai merk dari masing-masing perusahaan cerutu lokal.

Para penggemar cerutu lokal dari masyarakat Indonesia sendiri pun mulai bertambah seiring dengan pemerataan pemasaran cerutu ke seluruh Indonesia, besar harapan saya bahwa dengan adanya blog ini maka cerutu Indonesia bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat.

Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini ya guys, serta kira kira Cerutu Premium Indonesia manakah yang menjadi favorit Anda? Silakan tuliskan di kolom komentar.

Penasaran dengan rasa cerutu Cadenza Premium Robusto? Silakan cek artikel review nya di sini.

Anda ingin memesan Cerutu Premium Indonesia? Silakan cek di sini.

Silakan LIKE dan SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.