Mempersiapkan Cerutu dengan Memotongnya

Cara konsumsi cerutu berbeda dengan rokok, dibakar dan dihisap, meskipun sama-sama dihisap, tetapi ada tata cara dalam menghisap cerutu. Cerutu seperti sebuah produk rokok yang bisa dibilang elegan, yang memiliki berbagai kekhususan, termasuk tata cara saat mengkonsumsinya. Cara-cara yang baik untuk menghisap cerutu secara elegan bisa dilakukan melalui beberapa langkah.

Related image

Salah satu langkah, dan cara yang pertama harus dilakukan sebelum mengkonsumsi cerutu adalah memotong cerutu terlebih dahulu. Namun, hanya pada bagian tertentu saja, tidak sembarang bagian dari sebuah cerutu bisa dipotong. Berikut langkah-langkah untuk memotong cerutu yang akan dihisap.

  1. Sebelum cerutu dipotong, pilihlah jenis cerutu yang Anda sukai, ada berbagai macam cerutu antara lain parejo torpedo, pyramid, perfecto, dan president. Di dalam rak cerutu biasanya terdapat sebuah alat pemotong cerutu, dan ada beberapa tipe untuk memotong cerutu. Tipe lurus yang dipotong dengan alat seperti guillotine, tipe lubang dengan cutter model punch, serta tipe V.
  2. Setelah Anda memilih jenis cerutu dan tipe pemotongan yang disukai, maka persiapkan cerutu dan alat pemotongnya. Kemudian tempelkan tutup kepala cerutu di lubang pisau sejenis guillotine / cigar cutter agar lebih efektif. Masukkan kepala cerutu ke arah guillotine / cigar cutter dengan jarak sekitar 0.15-0.3 cm dari ujung kepala, kemudian potong dengan sekali gerakan cepat.
  3. Memotong cerutu bertujuan agar bisa dinikmati tanpa merusak bentuknya, serta agar rasa bisa dinikmati dengan maksimal. Jangan sampai ragu saat memotong tutup cerutu, karena bisa-bisa Anda merobek Wrapper sehingga cerutu tidak bisa dihisap dengan baik.

Jika kepala cerutu telah dipotong dengan baik dan benar. Maka Anda telah berhasil melakukan salah satu cara yang baik untuk menghisap cerutu secara elegan.

Menyalakan Cerutu: Utamakan Keamanan dan Jenis Korek Api

Related image

Cara yang baik untuk menghisap cerutu secara elegan selanjutnya adalah, dengan mempersiapkan korek api. Jangan sampai keliru dan sembarangan dalam menyalakan api untuk membakar cerutu, karena efeknya bisa berbahaya. Perhatikan langkahnya dengan baik dan benar untuk memilih dan menyalakan pemantik api yang khusus untuk membakar cerutu.

  1. Pemantik yang dipilih harus tepat

Pemantik api untuk cerutu biasanya disediakan secara khusus, tetapi Anda juga bisa menggunakan pemantik lain dengan tepat. Gunakan korek api kayu atau korek jet agar tidak mengubah cita rasa cerutu. Jangan gunakan pemantik gas, atau bahkan lilin beraroma.

  • Panaskan Tembakau di Kaki Cerutu (Treatment)

Bagian yang akan dibakar adalah pada kaki cerutu. Putar kaki cerutu secara perlahan hingga panasnya merata, namun jangan sampai terbakar atau muncul api pada kaki cerutu. Lebih baik dihangatkan dengan stabil dan merata.

  • Menyalakan Cerutu

Panaskan kaki cerutu di depan pemantik dan jangan sampai api menyentuh cerutunya. Lakukan hal tersebut sambil menghisap cerutu perlahan hingga menyala. Jangan sampai asap terhirup oleh Anda.

  • Tiup Kaki Cerutu Secara Perlahan

Untuk memastikan panas pada kaki cerutu secara merata, maka tiuplah terlebih dulu kaki cerutu hingga mengeluarkan asap dengan sempurna.

Setelah beberapa langkah dalam menyalakan api pada cerutu telah dilakukan dengan baik dan benar. Maka selanjutnya adalah tahap yang telah Anda tunggu dan nantikan, yakni menikmati rasa dan aroma cerutu yang mantap.

Langkah selanjutnya juga harus dilakukan dengan cara dan metode yang tepat. Karena, jika terdapat sedikit kesalahan akibatnya akan fatal bagi Anda yang tidak mengetahui caranya. Berikut cara terakhir yang paling ditunggu, yakni menghisap cerutu dengan baik dan benar.

Menikmati Sensasi Cerutu yang Bebeda dari Rokok

Cara menikmati sensasi dari cita rasa sebuah cerutu sangat berbeda dengan rokok, caranya cukup mudah dan tidak terlalu membahayakan bagi kesehatan.  Berikut beberapa cara, yang baik untuk menghisap cerutu secara elegan, dan tahap ini adalah tahap akhir untuk menikmati cerutu.

  1. Hisap cerutu dengan normal dan stabil, asap cerutu jangan dihisap terlalu dalam, cukup ditahan dalam mulut saja. Tahan beberapa saat hingga Anda bisa merasakan rasa dan aroma cerutu di rongga mulut Anda. Karena pada dasarnya cerutu bukan untuk dihirup terlalu dalam hingga ke tenggorokan.
  2. Putar cerutu, dan kemudian hisap cerutunya setiap 30 detik hingga 1 menit sekali. Lakukan hal tersebut agar kualitasnya tidak menurun. Cerutu yang baik kualitasnya bisa bertahan hingga 2 sampai 3 jam.
  3. Lepas ikat cerutu setelah dihisap sebanyak dua belas kali atau lebih. Biasanya, ikatan terlepas dengan sendirinya jika terbakar tanpa Anda harus melepasnya.
  4. Jangan membiarkan cerutu yang telah dibakar terlalu lama tanpa menghisapnya, karena menyebabkan cerutu mati dan harus dinyalakan kembali. Jika begitu, rasa dan aroma pada cerutu akan berkurang, dan tidak senikmat saat pertama kali dinyalakan.
  5. Cita rasa cerutu biasanya semakin nikmat jika dinikmati dengan segelas anggur atau bir. Tetapi jika Anda juga bisa menikmati cerutu tanpa adanya bir, karena aroma dan rasanya sudah nikmat. Jika Anda usai merokok cerutu maka jangan lupa mematikan api cerutu ke dalam asbak, seperti halnya rokok.

Nikmati cerutu Anda di ruangan bersama para penggemar cerutu sehingga hal tersebut akan memberikan suasana nyaman bagi Anda. Jangan menghisap cerutu di dekat orang yang tidak menyukai asap rokok atau cerutu, karena hal tersebut akan sangat mengganggu. Pilih tempat terbaik untuk menikmati cerutu Anda dengan kolega terbaik yang memiliki kegemaran sama terhadap cerutu.

Jangan lupa LIKE dan SHARE artikel ini ya guys. Salam penikmat cerutu Indonesia.

Silakan LIKE dan SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.