Halo sobat penikmat cerutu Indonesia, sesuai dengan janji saya kali ini saya akan mereview tentang salah satu cerutu premium Indonesia yaitu Cadenza Premium Robusto. Cadenza Premium Robusto diproduksi oleh salah satu BUMN yang terkenal akan hasil olahan tembakaunya yang berkualitas yaitu PTPN X Jember Jawa Timur. Jember sangat terkenal dengan hasil tembakaunya yang berkualitas konon yang terbaik ke-2 di dunia. Oke, langsung saja kita review Cadenza ini ya…

Saya mendapatkan cerutu Cadenza dari toko cerutu langganan saya. Cadenza ini berukuran robusto standar yaitu ring gauge 50 / panjang 5″. Kesan pertama cerutu ini mantap untuk dipegang, ya itu tadi karena ukurannya robusto jadi terlihat lebih gagah dibanding corona.

Wrappernya terbuat dari daun tembakau utuh yang sempurna, tulang tulang daunnya terlihat bagus dan cerutu tersebut terbungkus dengan rapih. Aroma lembut daun tembakau tercium oleh hidung saya.

Seperti halnya cerutu premium lainnya, sebelum kita nikmati harus dicutting dulu dibagian cap-nya. Saya menggunakan straight cut di bagian capnya, sedikit saja diujung agar tidak merusak konstruksi cerutu tersebut. Kemudian saya coba hisap tanpa dinyalakan (cold draw) cukup baik dan lancar. Saya pencet perlahan dan raba body dari cerutu ini, terasa padat dan gulungan fillernya terlihat melingkar sempurna. Cerutu ini termasuk long filler karena terbuat dari daun tembakau utuh, bukan tembakau rajangan.

Kemudian saya treatment ujung feet dari cerutu ini, sampai panas dan kemudian langsung saya coba nikmati. Hisapan pertama terasa enteng dan mudah dinyalakan. Cerutu ini jenisnya mild (memang rata rata karakter dari cerutu Indonesia adalah mild to medium). Rasa pahit tembakau tidak begitu kentara rasanya. Cerutu yang cocok dinikmati bersama dengan minuman dingin. Selera saya memang kalau menikmati cerutu akan lebih nikmat dengan minuman dingin (ice coffe, misalkan).

Asap dan aromanya cukup wangi khas cerutu premium, bagi Anda yang menyukai cerutu jenis mild to medium, sangat cocok sekali jika menikmati Cadenza dengan secangkir es kopi.

Abu cerutunya padat dan keras, sehingga tidak mudah jatuh. (abu cerutu biasanya dibiarkan menempel untuk menjaga suhu cerutu supaya tidak over head atau terlalu panas.

Flavornya Cadenza Premium Robusto memang cenderung mild to medium, ada sedikit rasa pahit tapi lebih banyak rasa creamy dan yang pasti dibanding cerutu lainnya, rasa tidak terlalu pahit. Asapnya juga banyak dan tidak terlalu bau “rokok” kalau kita pakai istilah orang orang awam. Rasa cenderung konsisten sejak feet, body dan head. Yang berbeda hanya di bagian head, cerutu pastinya akan terasa lebih panas. Dibagian body, rasa semakin kuat. Aroma juga terasa sangat menggoda.

Mengobrol atau hangout di cafe bersama kawan dan relasi akan terasa lebih nikmat sambil ditemani sebatang cerutu Cadenza Premium Robusto.

Review yang saya tulis ini adalah murni review atas pendapat saya sendiri. Setiap orang mungkin akan berbeda dalam menikmati cerutu karena tergantung dari indera perasa yang kita miliki.

Salam penikmat cerutu Indonesia!

Anda ingin mencoba menikmati Cadenza Premium Robusto? Langsung saja pesan ke WA 0812-1412-8985.

Cadenza Premium Robusto

7.3

Appearance

7.5/10

Draw

7.0/10

Burn

7.0/10

Smoke and Ash

7.0/10

Aroma

8.0/10

Pros

  • Harga sangat terjangkau
  • Kualitas bersaing

Cons

  • Desain band / ring cerutu terlalu sederhana
  • Produk agak susah didapat, kecuali pesan secara online
Silakan LIKE dan SHARE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.